Jurnal Manajemen
Vol 5 No 1 (2015): November

ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MANAGER, KARYAWAN DAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS PRESIDEN)

Rossy Oktavia Lukman Nur Hakim Genoveva, Grace Amin (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan karyawan dan Manager serta Konsumen (dalam penelitian ini adalah mahasiswa). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara terpisah ke karyawan (level staf), manager dan mahasiswa. Pada tahap pre tes sebanyak 30 kuesioner diuji untuk mengetahui validitas dan reliabiitas pertanyaan. Setelah pertanyaan yang tidak valid dihilangkan, tahapan berikutnya adalah melengkapi jumlah responden hingga 200 orang. Kemudian kuesioner diolah dengan menggunakan SPSS versi 20 dengan menggunakan Analisis Faktor. Faktor yang dianalisis untuk level staf sebanyak 4 faktor yang meliputi faktor Compensation, Promotion, Relationship With Co-Worker danChange To Accept Responsibility. Faktor yang dianalisis untuk level manager juga sebanyak 4 faktor yaitu Planning, Organizing, Leadingdan Controlling.Sedangkan pada konsumen / mahasiswa sebanyak 7 faktor yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Processdan Physical Evidance. Dari 15 faktor yang dianalisis di tahap awal, semua faktor memperoleh nilai di atas 0,5 yang artinya memenuhi syarat untuk dilanjutkan pengujian di tahap berikutnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Faktor yang paling mempengaruhi kepuasan karyawan adalah faktor kompensasi, faktor yang paling mempengaruhi kepuasan manager adalah faktor Pengendali dan faktor yang mempengaruhi pelanggan / mahasiswa adalah promosi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen mempunyai misi untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset dibidang sains dan kasus manajemen, terdiri dari bidang sumber daya manusia, pemasaran, strategik, keuangan, dan ...