Era industri 4.0 menimbulkan kompetisi yang cukup ketat di sektor perindustrian. Agar dapat memenangkan persaingan maka setiap perusahaan berusaha untuk mengurangi biaya tetapi mempunyai prioritas pada peningkatkan kualitas. Hal tersebut dapat diwujudkan oleh perusahaan dengan pemilihan supplier yang tepat. Supplier yang tidak tepat dapat menyebabkan permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagi perusahaan. PT. Sunan Rubber Palembang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha penggilingan atau pengolahan slab menjadi blanket. Penelitian ini mencoba memberikan masukan kepada perusahaan terkait metode pemilihan supplier. Pemilihan supplier dilakukan dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil analisis menunjukan bahwa PT. Sunan Rubber Palembang menempatkan kualitas dengan bobot 0,37 sebagai kriteria terpenting, urutan kedua keriteria harga dengan bobot 0,32, urutan ketiga kriteria pengiriman dengan bobot 0,16, selanjutnya urutan keempat kriteria responsif dengan bobot 0,09, sedangkan kriteria fleksibilitas menempati urutan terakhir dengan bobot 0,05. Sementara itu Supplier A merupakan supplier yang tepat untuk dipilih karena mendapatkan bobot tertinggi yaitu 0,55.
Copyrights © 2016