Jurnal Audiens
Vol. 4 No. 1 (2023): March

Dampak Literasi Politik dan Pemilu 2024 Bagi Pemilih Pemula terhadap Pengendalian Informasi Hoax

Akhyar Anshori (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rudianto (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Jehan Ridho Izharsyah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Polarisasi politik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, tidak terlepas dari berbagai sumber informasi yang diperoleh melalui berbagai media, terutama media sosial. Rangkaian informasi hoax yang bertubi-tubi mewarnai media sosial, berdampak bagi sikap pembacanya dalam menyikapi dinamika politik yang terjadi di Indonesia dengan mayoritas penikmat media sosial berada pada kategori pemilih pemula. Rentan nya pengaruh informasi hoax dalam mempengaruhi sikap politik pemilih pemula, membutuhkan proses panjang guna membangun kesadaran politik, salah satunya melalui kegiatan literasi politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi politik dan pemahaman politik pemilih pemula terhadap pengendalian informasi hoax pemilu, dengan mengacu pada teori literasi politik dan informasi hoax. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sedangkan analisis data dilakukan melalui analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan terdapatnya kontribusi positif literasi politik dan pemahaman pemilu dalam pengendalian informasi hoax, dimana H1 diterima dan H0 ditolak dan H2 diterima dan H0 ditolak serta H3 diterima dan H0 ditolak dengan nilai hubungan sebesar 11,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...