Jurnal Audiens
Vol. 4 No. 1 (2023): March

Strategi Event Musik Hip Hop Jumat Gombrong Melalui Jamming Session

Cahya Rizky Ageng Pradana (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muhammad Muttaqien (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Perkembangan musik di Indonesia salah satunya genre musik Hip Hop. Populernya genre musik Hip Hop membuat banyak event musik Hip Hop di Yogyakarta bermunculan. Jumat Gombrong merupakan event musik Hip Hop yang memiliki agenda yaitu jamming session yang didalamnya terdapat interaksi antara musisi dan audiens, hal ini membuat terciptanya komunikasi kelompok dalam pelaksanaan event. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi event yang dilakukan oleh Jumat Gombrong melalui jamming session.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara penelitian ini bersumber dari pendiri Jumat Gombrong (head manager), road manager, peserta jamming session, rapper senior. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi event yang dilakukan oleh Jumat Gombrong melalui tahap research, design, planning, coordination, evaluation sudah terlaksana dengan baik. Jumat Gombrong menggunakan jamming session sebagai trademark mereka, karena tidak terdapat di event Hip Hop manapun. Salah satu strategi yang digunakan Jumat Gombrong agar massa mengetahui event yang akan diadakan yaitu melalui media sosial seperti Instagram dan bekerja sama dengan guest star, komunitas dan event-event lain. Hal ini membuat informasi seputar jamming session jadi lebih efektif penyebarannya sehingga membuat orang-orang dari dalam kota maupun luar kota tertarik untuk datang ke event Jumat Gombrong dan mengikuti jamming session.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...