Jurnal Audiens
Vol. 4 No. 1 (2023): March

Representasi Laki-Laki Metroseksual dalam Iklan Scarlett Whitening Song Joong Ki

Meltha Cristina (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)
Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Penggunaan pria sebagai model atau bintang iklan suatu produk kecantikan memang masih merupakan hal baru dalam metode pemasaran di Indonesia. Karena selama ini produk kecantikan masih melekat dengan wanita yang dianggap mewakili representasi standar kecantikan produk tersebut seperti cantik, berkulit halus, dan anggun. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan terus terjadi tren mulai berubah banyak brand ternama produk kecantikan yang tak sungkan untuk menggunakan model iklan pria untuk mewakili produk yang mereka tawarkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji lebih jauh tentang penggunaan model pria dalam mewakili produk kecantikan dan meneliti lebih jauh tentang makna-makna yang tersembunyi dalam pesan yang disampaikan iklan tersebut. Penelitian berfokus pada iklan Get Ready to Meet Song Joong Ki's New Love yang dikeluarkan Brand kecantikan Scarlett Whitening, dengan memilih Song Joong Ki sebagai model serta BA dari produk mereka. Dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan metode analisa semiotika dari Roland Barthes, peneliti menemukan fakta bahwa hal yang menjadi latar belakang penggunaan model pria dalam produk kecantikan bahwa kecantikan dikarenakan pengguna kosmetik tidak hanya diperuntukkan untuk wanita saja, namun pria era baru juga, yang kita kenal dengan sebutan pria metroseksual. Penggunaan model pria yang menjadi idola wanita untuk mempromosikan sebuah produk kecantikan dinilai dapat meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...