Jurnal Audiens
Vol. 2 No. 1 (2021): March

Pengaruh Paparan Tayangan Pornografi melalui Media Sosial terhadap Perilaku Mahasiswa di Yogyakarta

Mei Andriyani (Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta)
Mega Ardina (Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Era sekarang ini, media sosial banyak mengandung konten negatif yang tidak semestinya dengan mudah dapat diakses oleh semua kalangan khususnya kalangan remaja. Derasnya informasi yang diterima mahasiswa dari media sosial menjadikan mahasiswa dengan mudah mengakses segala kebutuhan dirinya seperti kebutuhan seksual yaitu tayangan pornografi yang tidak disadari dapat mempengaruhi pola perilaku mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan tayangan pornografi melalui media sosial terhadap perilaku mahasiswa di Yogyakarta, serta untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa di Yogyakarta dalam menonton tayangan pornografi melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Skinner atau biasa disebut teori “S-O-R” (Stimulus-Organisme-Respons) yang menjelaskan tentang perilaku. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner terhadap 60 mahasiswa di Yogyakarta secara random. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan mixed methods, dan strategi eksplanatoris sekuensial. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan regresi linier berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negatif yang ditimbulkan dari paparan tayangan pornografi terhadap perilaku menyimpang mahasiswa di Yogyakarta, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang mahasiswa di Yogyakarta yaitu motivasi sebesar 0,049, keluarga sebesar 0.019, dan pergaulan sebesar 0,009.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...