Cendikia Pendidikan
Vol. 1 No. 5 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN IPS: IMPLIKASINYA UNTUK PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Rifdah Septianingsih (Universitas Negeri Jakarta)
Dessy Safitri (Universitas Negeri Jakarta)
Sujarwo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Pendidikan pada zaman digital menghadapi tantangan dan peluang yang belum pernah ada sebelumnya seiring merasuknya teknologi ke dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dunia pendidikan. Dalam khususnya di Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), peran media pembelajaran audio visual semakin penting. Tulisan ini melakukan tinjauan terhadap kajian literatur yang ada untuk mengeksplorasi signifikansi media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran IPS dan dampak penggunaannya dalam konteks pendidikan di era digital. Kebermaknaan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran IPS tidak dapat diabaikan. Media ini memungkinkan penyajian materi yang lebih menarik, memotivasi siswa, dan meningkatkan pemahaman terhadap materi. Dalam konteks sejarah, geografi, ekonomi, dan aspek IPS lainnya, media ini mendukung siswa dalam memvisualisasikan konsep-konsep yang seringkali bersifat abstrak. Mereka dapat melihat dan mendengar informasi dalam berbagai format, mulai dari video dokumenter hingga grafik interaktif, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu sosial, budaya, politik, dan ekonomi di dunia nyata. Di zaman di mana informasi berlimpah dan teknologi terus maju, media pembelajaran audio visual membantu siswa untuk memahami dan menafsirkan realitas di sekitar mereka. Implikasi penggunaannya dalam pembelajaran IPS mencakup peningkatan dalam pemahaman, motivasi, dan keterampilan siswa untuk menghadapi tantangan di era digital ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...