Layanan akademik berbasis web memudahkan dosen dan mahasiswa dalam menjalankan proses akademik. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STMIK El Rahma dikembangkan untuk melayani proses akademik mahasiswa dan dosen. Kendala layanan dapat mengganggu kelancaran layanan akademik seperti pemrosesan Kartu Rencana Studi (KRS), proses pembimbingan akademk, proses pembimbingan Skripsi, hingga proses perkuliahan. Keluhan jaringan tidak stabil dan terpisah dengan E-Learning Elrahma merupakan masalah yang harus diberikan solusi. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi De Lone dan Mc Lean (2003) untuk menganalisis kepuasan pemakai dan konsep kematangan sistem informasi menggunakan atribut COBIT Framework 41 untuk memberikan solusi manajeria yaitu (a) atribut kebijakan, perencanaan dan prosedur, (b) atribut penetapan tujuan dan pengukuran. Sampel diambil dari mahasiswa, dosen dan pegawai yang aktif. Analisis data menggunakan SMART PLS 4.0, didapatkan hasil bahwa Terdapat pengaruh positif kebijakan, perencanaan dan prosedur terhadap kepuasan pemakai tetapi tidak signifikan Terdapat pengaruh kualitas layanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemakai. Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan penetapan tujuan dan pengaruh terhadap kepuasan pemakai.
Copyrights © 2023