Fahma : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen
Vol 20 No 2 (2022): Mei 2022

Klasifikasi Kepuasan Layanan Akademik Di STMIK El Rahma Menggunakan Metode Algoritma Naive Bayes

Suparyanto (Program Studi Informatika, STMIK El Rahma Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Kepuasan layanan terhadap mahasiswa adalah suatu kondisi dimana harapan, permintaan, dan keperluan mahasiswa terpenuhi. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa, karena dapat memberi dampak positif berupa meningkatkan pujian positif untuk layanan yang diberikan. Pada saat ini makin meningkat kesadaran mahasiswa akan perlunya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak kampus. Mahasiswa akan membandingkan pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima, tujuan penelitian ini untuk mengklasifikasi kepuasan mahasiswa dengan menerapkan teknik data mining bermetode algoritma naïve bayes. Metode naïve bayes yang diterapkan dalam penelitian ini untuk menghitung probabilitas terbesar pada variable independent yang telah ditentukan. Seperti aplikasi, ketepatan waktu, kenyamanan dalam kuliah, dan keramahan layanan. Klasifikasi ini adalah puas dan tidaknya mahasiswa, hasil penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu mahasiswa untuk mengevaluasi terhadap pelayanan tenaga kependidikan, sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pihak kampus untuk meningkatkan pelayanan pada paramahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fahma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal FAHMA adalah jurnal yang memuat naskah ilmiah dari peneliti, akademisi, maupun praktisi, berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji bidang Ilmu Komputer antara lain sebagai berikut : Kecerdasan Buatan, ...