Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA menggunakan model PINTAR yaitu berupa kombinasi dari model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Crossword Puzzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mengalami kemajuan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yang terlaksana memperoleh dari skor 22 dengan kriteria baik hingga skor 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal meningkat pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yang terlaksana memperoleh persentase 34.8% hingga 91.3% dengan kriteria hampir semua siswa aktif. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai pertemuan yang dilaksanakan memperoleh persentase 39.1% hingga 91.3% dengan kriteria Tuntas. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PINTAR dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan IPA pada kelas IVB SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.
Copyrights © 2023