Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI)
Vol. 1 No. 01 (2023): Artikel Riset Agustus 2023

Pemanfaatan ICT untuk Meningkatkan Pemahaman Mandiri Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Gloria International

Intan Maulina (Universitas Deli Sumatera)
Bilferi Hutapea (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Kemajuan teknologi di satu sisi merupakan sebuah keberhasilan yang tentu sangat kita banggakan. Penggunaan smartphone yang begitu pesat menjadi salah satu alasan kami membuat pengabdian ini, dengan bertujuan agar para siswa dapat memanfaatkan segala kemajuan teknologi dengan tepat sasaran dan tepat guna maka dari sini juga timbul motivasi kami untuk membuat pelatihan untuk pemaanfaatan ITC untuk mneingkatkan pemahaman andiri siswa dalam pembelajaran bahasa inggris itu sendiri di rumah atau di tempat mereka biasa bermain, pemanfaatan smartphone menjadi lebih bermanfaat, kalau pun dibawa ke sekolah agar digunakan seperlunya semisal membuat video conversation untuk pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Tujuan kegiatan adalah perbaikan karakter siswa melalui Pelatihan Pemanfaatan ICT Untuk Meningkan Pemahaman Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Gloria International. Jika selama ini smartphone khususnya fitur video disalahgunakan maka kedepan para siswa akan dibimbing dan diarahkan menggunakan smartphone dengan benar dan tepat sasaran. Teknik yang digunakan dalam menyampaikan materi pelatihan adalah workshop dengan menggunakan alat bantu multimedia berupa smartphone, laptop, LCD, alat peraga, pretest dan postest. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik penggunaan smartphone dalam menyajikan gagasan yang aspiratif bermoral dan bermanfaat bagi sesama. Hasil dari PkM ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap Pemanfaatan ICT. Penyampaian pengetahuan tentang Pemanfaatan ICT secara efektif dan efisien dapat meningkatkan kesadaran beretika dalam memposting di media sosial sekaligus sebagai stimulant agar para siswa lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam menggunakan media sosial yang interaktif dan menarik yang mendukung dunia pendidikan yang bermoral.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ppi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI) bertujuan untuk mempublikasikan hasil pengabdian di bidang pendidikan yang berfokus pada penerbitan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang ...