Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol 2 (2021)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN TEMATIK YANG MENYENANGKAN MELALUI METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS VI

Norhaniah Norhaniah (Universitas Mulawarman)
Makrina Tindangen (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pada pembelajaran tematik Tema 4 “Globalisasi” dan Sub Tema 2 Globalisasi dan Manfaatnya cenderung kurang disenangi oleh siswa kelas VI SDN 005 Balikpapan Barat, Kalimantan Timur disebabkan guru belum terampil dalam menggunakan metode pembelajaran, kurang maksimal dalam pemanfaatan metode pembelajaran karena media dan metode pembelajaran serta pemberian tugas oleh guru bersifat monoton. Aktifitas dan hasil belajar siswa dalam memperoleh pengetahuan masih belum menyenangkan. Pembelajaran tematik adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan beberapa materi pelajaran pada beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan yang kemudian dikemas dalam bentuk tema. Pembelajaran menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran tematik yang menyenangkan pada siswa kelas VI SD Negeri 005 Balikpapan Barat, Kalimantan Timur. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktifitas belajar siswa dan lembar evaluasi. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada pelaksanaan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 60 %, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian. Maka dilanjutkan pada siklus ke II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90 %, terdapat 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 30 % dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktifitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi sebagai cara mengingat dan menghapal lebih cepat dapat meningkatan hasil belajar siswa yang dilaksanakan tersebut di pembelajaran kelas VI-A SDN 005 Balikpapan Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...