Jurnal Kesehatan Tambusai
Vol. 4 No. 4 (2023): DESEMBER 2023

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH

Elsa Sintia Rahma (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh)
Surna Lastri (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh)
Hanifa Hasnur (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Puskesmas Baiturrahman adalah salah satu pelayanan kesehatan yang melayani Masyarakat kecamatan Baiturrahman. Namun masih terdapat keluhan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan desain studi Crossectional. Populasi penelitian ini  yaitu seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Baiturrahman terhitung dari bulan Januari-Desember Tahun 2022. Responden dalam penelitian yaitu 100 responden. Penelitian telah dilakukan pada tanggal 21-26 Agustus Tahun 2023 dengan cara wawancara dan kuesioner. Data di analisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square melalui  STATA 12. Hasil penelitian secara univariat terhadap kepuasan pasien dengan di Puskesmas Baiturrahman yaitu jumlah responden menyatakan puas 72 % dan kurang puas 28 %, pada dimensi bukti fisik menyatakan Baik 38 % dan Kurang Baik 62 %, pada dimensi kehandalan menyatakan Baik 28 % dan kurang baik 72 %, pada dimensi ketanggapan menyatakan baik 36 % dan kurang baik 64 %, pada dimensi jaminan yang menyatakan baik 87 % dan kurang baik 13%  dan pada dimensi kepedulian yang menyatakan baik 64 % dan kurang baik 36 %. Sementara, hasil analisis bivariat adalah ada hubungan kepuasan pasien dengan dimensi bukti fisik (p-value 0,045), dimensi kehandalan (p-value 0,044), dimensi ketanggapan (p-value 0,032), dimensi empati (p-value 0,022), dan tidak ada hubungan dimensi jaminan (p-value 0,277) dengan Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Baiturrahman Kota Banda Aceh Tahun 2023. Disarankan kepada pihak puskesmas untuk melengkapi sarana di Puskesmas seperti pengeras suara di setiap poli, kursi di ruang tunggu, serta alat penunjang kesehatan dan lainnya. Bagi kepala puskesmas untuk dapat memotivasi petugas kesehatan agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JURNAL KESEHATAN TAMBUSAI Adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian kesehatan yang terintegrasi dengan bidang kesehatan Jurnal ini berguna bagi tenaga kesehatan di dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit, mahasiswa kesehatan, tenaga pengajar bidang kesehatan lainnya pada umumnya. Jurnal ...