Jurnal Pendidikan Abad Ke-21
Vol 1, No 1 (2023)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD pada Konsep Operasi Hitung Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika melalui Metode Demostrasi

Tati Rustiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di salah satu SDN Pasar Baru Kota Tangerang. Dengan kegiatan pembelajaran berupa menghitung operasi hitung pecahan menggunakan metode demonstrasi melalui pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di salah satu SDN Pasar Baru Kota Tangerang. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode diskusi dan demonstrasi, dapat memudahkan siswa utk menyerap materi pembelajaran sehingga terjadi peningkatan pada hasil pembelajaran, dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus 1 56,25% (18 siswa) menjadi 100% (32 Siswa) pada siklus 2. Dengan metode diskusi dan demonstrasi ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar, terbukti dari rata–rata 66,56 pada siklus 1 mejadi rata-rata 81,875 pada siklus 2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 publishes research articles in the field of education in the 21st ...