Jurnal Pendidikan Abad Ke-21
Vol 1, No 1 (2023)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD melalui Penerapan Penggunaan Alat Peraga Jam Analog

Zaidah Zaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Pemahaman konsep pengukuran waktu merupakan salah satu hasil belajar yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar matematika tentang pengukuran waktu siswa kelas 2 di salah satu SD Negeri Sewan Kebon Tangerang melalui penerapan penggunaan alat peraga jam analog. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pengukuran waktu siswa kelas II Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas II 2 di salah satu SD Negeri Sewan Kebon Tangerang yang berjumlah 40 orang siswa terdiri dari 25 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah untuk menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang pengukuran waktu pada siswa kelas II 2 di salah satu SD Negeri Sewan Kebon Tangerang. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siklus II. Pada nilai pra siklus nilai siswa baru mencapai (45%), siklus I (60%), dan pada siklus (100%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 publishes research articles in the field of education in the 21st ...