Jurnal Pendidikan Abad Ke-21
Vol 1, No 1 (2023)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa SD dalam Membaca Puisi melalui Metode Demontrasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Dede Siti Mulyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Satu di antara faktor keberhasilan seorang guru dalam memberikan pengajaran adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Penjelasan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca puisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di slaah satu SDN Karawaci Baru Kota Tangerang dengan jumlah siswa 31 terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan pada siklus I dapat dilihat nilai siswa yang mencapai tujuh puluh lima keatas hanya 22 siswa, sedangkan pada siklus II sudah mencapai 29 siswa 93,54% yang nilainya sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan hasil tersebut siswa sudah mencapai peningkatan dan sudah mempunyai kesadaran membaca serta merasa termotivasi belajar lebih baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 publishes research articles in the field of education in the 21st ...