Studi ini bermaksud menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tual dilihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif guna menarasikan data hasil penelitian. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal, dimana peserta didik kelas VIII yang berjumlah 30 orang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa validitas soal cukup baik, karena terdapat 20 butir soal yang valid dan 10 butir soal yang tidak valid. Reliabilitas soal termasuk kategori tinggi, karena nilai reliabilitas soal menyentuh angka 0.714. Tingkat kesukaran soal dominan pada kategori mudah, yakni 54 persen. Daya pembeda memiliki kategori sangat baik, baik, dan cukup sebanyak 24 butir soal atau 79 persen. Sementara efektivitas pengecoh kategori kurang baik lebih dominan, yakni 16 butir soal atau 43 persen.
Copyrights © 2023