Volatilitas : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Vol. 5 No. 6 (2023)

Pengaruh Motivasi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja: (Studi pada Perawat Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo)

Listika Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia)
Susi Widjajani (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia)
Agus Saur Utomo (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Keberhasilan Rumah Sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan kualitas mutu pelayanan yang prima. Salah satu tenaga medis yang berperan aktif dalam pelayanan Rumah Sakit adalah perawat. Perawat merupakan ujung tombak dan penentu baik atau tidaknya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit karena perawat berinteraksi secara langsung dengan pasien. Oleh karena itu kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit perlu diperhatikan dan ditingkatkan agar layanan yang diberikan kepada pasien selalu prima. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja diantaranya motivasi, kompensasi, dan lngkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja perawat, (2) untuk menguji pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja perawat, dan (3) untuk menguji pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja perawat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 85 responden. Intrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing- masing sudah diuji cobakan serta telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan alat bantu SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja perawat, (2) kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja perawat, dan (3) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja perawat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

volatilitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Volatilitas: Jurnal Manajemen dan Bisnis invites study analysts, academicians, and practitioners of business and management to submit research-based manuscripts on various themes, topics, and aspects of management and business, including: Marketing Management, Financial and Banking Management, Human ...