Jurnal Akuntansi Neraca
Vol. 1 No. 1 (2023): April

Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus pada Desa-desa di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang)

Defi Indah Sari (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)
Irma Tyasari (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)
Mochamad Fariz Irianto (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur desa, partisipasi masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi, dan kejelasan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada Desa-desa di Kecamatan Gondanglegi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan, kepala urusan perencanaan, kepala urusan umum, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi kesejahteraan, kepala seksi pelayanan, dan ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Cara untuk mengumpulkan data melalui kuesioner. Variabel penelitian ini adalah kompetensi aparatur desa, partisipasi masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi, kejelasan sasaran anggaran dan akuntabilitas pengelolaan dana desa. Teknik analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa kompetensi aparatur desa dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, sedangkan partisipasi masyarakat dan kejelasan sasaran anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Neraca publishes research articles from various topics in accounting and finance, including to the following topics: Financial Accounting Capital Market Islamic Accounting and Financial Management Public Sector Accounting Management Accounting Auditing Corporate Governance Ethics ...