Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer
Vol 11 No 2 (2019): TEKNOMATIKA

PEMODELAN PEMILIHAN BIBIT TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO C) MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES STUDI KASUS KELOMPOK PETANI MELON “TANI MULYO”

Dayat Subekti (Unknown)
Kusrini (Universitas AMIKOM Yogyakarta)
Sudarmawan (Universitas AMIKOM Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Kebutuhan tentang buah bagi kesehatan sangat diperlukan tubuh, karena kandungan vitamin dalam tubuh salah satu buah melo, selain kandungan vitamin A dan C yang ada dalam buah melon, buah melon tidak mengandung lemak dan kolesterol juga rendah kalori. Kebutuhan konsumsi buah melon dari tahun meningkat dan dapat dipastikan untuk petani melon lokasi belum bisa memenuhi konsumsi untuk dalam negeri. Cara pemilihan bibit dalam menanam melon menjadi salah satu kendala dalam keberhasilan menanam melon, disebabkan tidak memperhatikan kriteria yang menjadi prioritas utama pada varian bibit melon. Pengolahan data yang digunakan dalam menganalisa data adalah Algoritma Naïve Bayes. Kriteria pemilihan bibit dipengaruhi oleh masa tanam, tingkat kemanisan, berat buah dan daya cambah benih. Kriteria-kriteria yang sisebutkan dijadikan sebagai attibut dalam menentukan hasil akhir dari pemilihan bibit melon. Hasil akhir setelah diadakan pengolahan data adalah nilai untuk varian bibit yang diterima yaitu sebesar 53,8%, dan yang tidak diterima sebesar 46,2%, varian yang memiliki angka probabilitas paling tinggi yaitu pada varian bibit Suny Red M267 dan Sonya yaitu pada nilai 0,107.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teknomatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer ISSN: 3031-0865 (Online), 1979-7656 (Print) is a free and open-access journal published by Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Indonesia. Teknomatika publishes scientific articles from scholars and experts ...