Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer
Vol 8 No 1 (2015): TEKNOMATIKA

ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE UNIVERSITAS HASANUDDIN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI

Suci Ramadhani Arifin (Unknown)
Eko Nugroho (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)
Bimo Sunarfri Hantono (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 May 2020

Abstract

Penelitian ini mencoba melakukan analisis terhadap kualitas layanan Website Universitas Hasanuddin dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara persepsi aktual dan harapan ideal pengguna website, dalam hal ini mahasiswa UNHAS, yang diukur melalui pendekatan WebQual 4.0 yang merupakan salah satu teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna. Metode WebQual yang digunakan dalam penelitian ini adalah WebQual versi 4.0 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi kualitas antarmuka pengguna dengan tiga dimensi utama WebQual 4.0, yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Teknik analisis menggunakan Analisis Perbedaan (uji beda t) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan (gap) antara persepsi aktual dan harapan ideal mahasiswa pada masing-masing dimensi kualitas layanan website, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas layanan website Universitas Hasanuddin belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Hasil pemetaan dalam diagram kartesius diharapkan dapat menjadi umpan balik (feedback) bagi pihak manajemen pengelola website dalam menyusun strategi untuk meningkatkan kualitas website Universitas Hasanuddin.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

teknomatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer ISSN: 3031-0865 (Online), 1979-7656 (Print) is a free and open-access journal published by Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Indonesia. Teknomatika publishes scientific articles from scholars and experts ...