Analysis : Journal of Education
Vol 1 No 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SD/MI

Junita (MIN 14 Bireuen)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika jenjang MI/SD. Kajian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah mengenai pembahasan terkait. Kemudian melakukan analisis deskriptif data yang dipaparkan secara rinci. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif sebagai proses konstruksi ide yang menekankan pada aspek kelancaran, keluwesan, kebaruan dan keterincian. Dengan adanya aspek tersebut, peserta didik diharapkan mampu bersikap aktif dalam sistem belajar dan pembelajaran. Dalam berpikir kreatif, matematika peserta didik dituntut untuk bersifat fleksibilitas, merujuk pada kemauan untuk memodifikasi keyakinan berdasarkan informasi baru. Seseorang yang tidak berpikir fleksibel tidak mudah mengubah ide atau pandangan mereka meskipun ia mengetahui terdapat kontradiksi antara ide yang dimiliki dengan ide baru.Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Matematika, Metode Drill.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

analysis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...