Penelitian ini menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara berkala di sekolah dasar. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Sumber data dan bahan analisis kajian ialah karya ilmiah relevan meliputi buku, artikel, dan prosiding. Penelitian ini menyimpulkan bahwa seorang guru PAI dituntut untuk mampu profesional dan objektif dalam rangka menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar serta memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi tersebut dalam upaya melakukan tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Beberapa prinsip evaluasi yang diperlukan sebagai pemandu dalam kegiatan evaluasi di antaranya ialah; sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel. Evaluasi menyeluruh mencakup 3 aspek, yakni (1) aspek kognitif yang berhubungan erat dengan kemampuan berfikir, (2) aspek psikomotorik yang berhubungan dengan aktivitas fisik, dan (3) aspek afektif mencakup watak, perilaku seperti sikap, minat konsep diri nilai dan moral.
Copyrights © 2023