Penelitian ini mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar al-Qur’an hadis siswa melalui penggunaan media komik di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1 MTs Arriyadhul Mukhlisin Mompang Jae, sejumlah 31, terdiri dari 17 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Objek penelitian adalah keterampilan membaca Peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes yang diberikan kepada masing-masing siswa. Berdasarkan hasil persentase tes belajar siswa pada siklus I ialah 75,80% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,19%. Dari perbandingan kedua siklus tersebut terdapat peningkatan sebesar 11,39%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran al-Qur’an hadis siswa menggunakan media komik sudah meningkat.
Copyrights © 2023