Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran PAI bagi siswa di SMP Negeri 2 Laut Tador. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Wawancara, observasi, dan dokumentasi dipakai menjadi alat pengumpulan data. Model interaktif analisis data digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini, model analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keandalan dari hasil yang diperoleh dengan empat kriteria yaitu kredibilitas, transferabilitas, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan meliputi perumusan program, penetapan kurikulum, dan pengelompokan siswa berdasarkan tingkat kedewasaan kepemimpinan. Pengorganisasian melibatkan pembagian tugas dan penetapan kelompok kerja. Aktuasi meliputi pelatihan dan pembinaan siswa dalam melaksanakan pelatihan program kepemimpinan. Pengendalian meliputi pelaporan dan evaluasi. Rekomendasi dari temuan studi adalah semua komponen harus selalu saling bekerja sama dan memelihara keberlangsungan program pendidikan kepemimpinan siswa. Juga, diharapkan pihak sekolah dapat mengatur kegiatan yang mendukung pencapaian program pendidikan kepemimpinan
Copyrights © 2023