Prosiding Seminar Kesehatan Masyarakat
Vol 1 No September (2023): Suplemen Pra Seminar

Pelatihan Olahraga Bolatangan sebagai Alternatif Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Guru PJOK di Kota Sukabumi

Ahmad Alwi Nurudin (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Agung Widodo (Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Firman Maulana (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Latar Belakang: Bolatangan merupakan olahraga yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, sehingga beberapa masyarakat menganggap bolatangan adalah olahraga baru. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memassalkan olahraga bolatangan khususnya melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Metode: Pelatihan bolatangan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: (1) Tahap 1. Sosialisasi Peraturan Permainan Bolatangan; (2) Tahap 2. Pelatihan Implementasi Bolatangan dalam Pembelajaran PJOK; dan (3) Pratek Teknik Dasar dan Taktik Bermain Bolatangan. Hasil: Meningkatnya pengetahuan peserta pelatihan terhadap olahraga bolatangan sebesar 12,5% dihitung dari perbandingan skor pre-test dan post-test. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan ini efektif meningkatkan pengetahuan guru dalam memahami ap aitu olahraga bolatangan, bagaimana cara memainkannya dan juga cara mengajarkannya agar menjadi materi yang menarik dalam pembelajaran PJOK di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prosidingfkm

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Prosiding Seminar Kesehatan Masyarakat (PRIMA KESMAS) merupakan media publikasi naskah peserta kegiatan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Kesehatan dan Olahraga yang diselenggarakan setiap bulan Agustus oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah ...