Salah satu penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas adalah pelayanan sumber daya manusia yang memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan dikatakan bermutu tinggi apabila menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Kepuasan pasien akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari pemberi jasa kepada pasien sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan yang dirasakan oleh pasien Puskesmas Alalak Tengah diloket pendaftaran cenderung lama, dan kurang mudahnya dalam mendapatkan informasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis mutu pelayanan SDM terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Alalak Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian berjumlah 4.390 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 98 orang. Pengambilan sampel digunakan dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian sebagian besar keandalan baik (84,7%), daya tanggap baik (67,3%), jaminan baik (85,7%), empati baik (79,6%). Ada hubungan keandalan (p-value = 0,000 OR = 26,7), daya tanggap (p-value = 0,001 OR = 4,71), jaminan (p-value = 0,002 OR = 10,25), empati (p-value = 0,000 OR = 0,08) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Alalak Tengah Tahun 2023. Disarankan pihak puskesmas untuk memperbaiki kinerja waktu petugas untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan melakukan survei secara berkala mengenai kepuasan pasien.Kata Kunci : Kepuasan, Mutu Pelayanan Sumber Daya Manusia, Pasien
Copyrights © 2023