Tuah Riau Journal
Vol. 2 No. 1 (2023): February

Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal UAS Ganjil Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 3 Pekanbaru

Muhammad Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Pendidikan agama merupakan pendidikan dasar bagi manusia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Secara kuantitatif penelitian ini langsung turun kelapangan untuk mengambil sampel dan populasi dengan menggunakan rumus yang bersifat kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif, yang dapat diartikan dengan penelitian yang menggunakan gambaran yang sedang berlangsung, bertujuan mendeskripsikan suatu masalah. populasi dalam penelitian ini kelas VIII, kelas VIII.1 dan VIII.2 terdiri dari 35 siswa dalam satu kelas dengan total 70 siswa dari kelas VIII, untuk sampel diambil 35 siswa dari setiap kelas sehingga total sampel digunakan berjumlah 70 siswa. teknik analisis data dilakukan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, hasil penelitian nilai ratarata kelas VIII di SMPN 3 Pekanbaru dalam menyelesaikan soal agama islam, kategori baik memperoleh nilai rata-rata 64,9%. Nilai keseluruhan kelas VIII diteliti, sangat baik 7 siswa (10%), baik 40 siswa (57,1%), cukup 20 siswa (28,5%), kurang 3 siswa (4,3%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arj

Publisher

Subject

Education

Description

Tuah Riau : Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Fokus menyajikan naskah ilmiah tentang Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMK dan Madrasah). Lingkup materi berasal dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ...