Tuah Riau Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): September

Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum PAI Dalam Buku Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Karya Muhammad Kristiawan

Muhammad Fadly Alhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji landasan filosofis penciptaan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum karya Muhammad Kristiawan. Ini adalah studi berbasis perpustakaan. Untuk mengungkap, menafsirkan, dan menangkap pesan karya sastra, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Tujuan desain kurikulum adalah agar siswa memiliki dasar yang kuat dalam agama. Dalam kebanyakan kasus, simbolisme digunakan untuk mewakili makna dalam analisis isi. Tujuan dari analisis isi adalah untuk menemukan makna simbolis yang tersembunyi dalam karya sastra. Temuan Buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum Muhammad Kristiawan menunjukkan bahwa ketika mengembangkan kurikulum Pendidikan Islam yang berbasis filosofis, disajikan berbagai paradigma dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan pemahaman tentang hal ini harus didistribusikan secara merata di antara semua pemegang tumpukan pendidikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arj

Publisher

Subject

Education

Description

Tuah Riau : Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Fokus menyajikan naskah ilmiah tentang Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMK dan Madrasah). Lingkup materi berasal dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ...