Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD GROUP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Ilam Maolani (SMPN 19 Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Ketika mengajar materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMPN 19 Kota Tasikmalaya, penulis merasa sudah cukup maksimal dalam mengajar, tetapi aktivitas belajar beberapa orang peserta didik masih rendah. Realita tersebut berdampak pada hasil belajar mereka yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi, yaitu penerapan model pembelajaran card group.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan penerapan model pembelajaran card group, 2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran card group, 3) prestasi belajar peserta didik Kelas VIII A SMPN 19 Kota Tasikmalaya pada materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah dengan menggunakan model pembelajaran card group.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan penerapan model pembelajaran card group termasuk kategori baik sekali, 2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran card group termasuk kategori baik sekali, 3) prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran card group mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran card group dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.When teaching Islamic Religious Education and Morals in Class VIII SMPN 19 Tasikmalaya City, the writer feels that he has been maximal in teaching, but the learning activities of some students are still low. This reality has an impact on the learning outcomes of those who have not reached the Minimum Completeness Criteria. One solution to the problems faced is the application of the card group learning model.The purpose of this research was to determine: 1) planning the application of the card group learning model, 2) implementing the application of the card group learning model, 3) the learning achievements of Class VIII A students at SMPN 19 Tasikmalaya City on the material of sujud syukur, sujud sahwi, and sujud tilawah with using the card group learning model.This research was conducted using a Classroom Action Research (CAR) design, which consisted of two cycles. The results showed: 1) planning the implementation of the card group learning model was in the very good category, 2) the implementation of the card group learning model was in the very good category, 3) the learning achievement of students using the card group learning model had a significant increase. Thus, it is concluded that the application of the card group learning model can improve student learning achievement.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...