Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN GAME PIKAT PADA MATERI ZAKAT

Rizal Dalil (SMP Negeri 1 Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang mendidik setiap muslim untuk menjadi orang yang peduli kepada sesama serta menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, zakat sangat penting untuk dipahami dan dipraktikkan oleh para siswa. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak siswa yang kurang menyukai materi ajar zakat bahkan menganggapnya sulit dipelajari.Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk membuat game “Pintar Zakat“ (PIKAT) kemudian digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi ajar zakat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada materi ajar zakat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus di kelas VIII-D SMPN 1 Kota Bogor.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan game PIKAT terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam materi zakat. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para guru agar lebih kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) lebih menyenangkan dan efektif.Zakat is one of the Five Pillars of Islam which has the fuction to educate the muslims to be aware to help the needy and it also becomes a solution to raise the welfare of the society. However, in the real life situation, lots of students seem to be uninterested in this material and thought that this thing is difficult to learn.Based on the above matter, the author tries to make this material into a form of game called "Pintar Zakat Game" (PIKAT) and use it as a strategy in learning process to increase the students' motivation and achievement in learning the material of zakat.The author uses the descriptive method in the form of classroom action research (PTK) on Zakat. This research was conducted in two cycles in class VIII-D, SMPN 1 Bogor.Based on the results of the research, it shows that there is a significant positive effect between the application of PIKAT game on students's motivation and learning achievement in zakat material.Hopefully, the results of this research can be the inspiration for teacher s to be more creative and innovative, so that Islamic Religious Educationlearning can be more fun and effective.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...