Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengembangkan modul pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis komik pada mata pelajaran PAI Kelas V di SD Negeri 100308 Panompuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development/RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kelayakan modul PJJ berbasis komik dilakukan validasi oleh ahli materi dengan perolehan persentase 66,25% berkategori valid, validasi oleh ahli media diperoleh persentase 78,75% juga berkategori valid, dan validasi dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 100308 Panompuan diperoleh persentase 86,67% berkategori sangat valid, sehingga nilai rata-rata keseluruhan persentase 77,22% dengan kategori valid; (2) kepraktisan modul PJJ berbasis komik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan persentase 83,67% dengan kategori sangat praktis; dan (3) efektivitas modul PJJ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh skor normalized gain (N-Gain) 0,52 yaitu berada pada kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023