Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 1 No 1 (2023)

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN IPA PADA MASA COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Diannovianti Diannovianti (MIS Muhammadiyah Lahewa)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Blended Learning merupakan pembelajaran yang menjadi alternatif dalam mengelola waktu secara efektif selain teknik konvensional yang dilaksanakan untuk mata pelajaran IPA di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi Blended Learning IPA pada masa Covid-19 di madrasah ibtidaiyah. Adapun penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Selanjutnya, data dianalisa melalui teknik reduksi (pemilahan) data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Blended Learning IPA pada masa Covid-19 di madrasah telah benar dilaksanakan dengan baik dan sesuai, hal ini dibuktikan dengan adanya perencanaan dengan merancang tujuan program pembelajaran, menyiapkan sarana dan prasarana, penyusunan jadwal dan sosialisasi, kemudian pelaksanaan pembelajaran gabungan secara online dan tatap muka, serta evaluasi berupa pemeriksaan dan pengumpulan tugas harian, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS) di madrasah ibtidaiyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...