Blended Learning merupakan pembelajaran yang menjadi alternatif dalam mengelola waktu secara efektif selain teknik konvensional yang dilaksanakan untuk mata pelajaran IPA di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi Blended Learning IPA pada masa Covid-19 di madrasah ibtidaiyah. Adapun penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Selanjutnya, data dianalisa melalui teknik reduksi (pemilahan) data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Blended Learning IPA pada masa Covid-19 di madrasah telah benar dilaksanakan dengan baik dan sesuai, hal ini dibuktikan dengan adanya perencanaan dengan merancang tujuan program pembelajaran, menyiapkan sarana dan prasarana, penyusunan jadwal dan sosialisasi, kemudian pelaksanaan pembelajaran gabungan secara online dan tatap muka, serta evaluasi berupa pemeriksaan dan pengumpulan tugas harian, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS) di madrasah ibtidaiyah.
Copyrights © 2023