Penelitian ini berupaya mendeskripsikan strategi peningkatan kinerja guru melalui kegiatan workshop di MTsN 8 Aceh Besar. Jenis penelitian ini termasuk penelitin tindakan kelas (PTK) sebagai upaya membenahi pendidikan dari ruang-ruang kelas. Adapun subjek penelitian yakni 20 guru yang mengajar siswa kelas VIII (dengan berbagai bidang studi) tahun ajaran 2022/2023. Analisis data penelitian berbasis cara kuantitatif menggunakan angket dan observasi. Dilaksanakan dalam komponen 2 (dua) siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan kinerja guru terlaksana dengan sangat baik melalui workshop di MTsN 8 Aceh Besar. Hal ini ditinjau dari aspek inti pembelajaran dapat menerapkan pembelajaran bahwa tidak ada orang atau 0,00% guru (kategori tidak baik), 1 orang atau 5,00% guru tergolong cukup, 6 orang atau 30,00% tergolong baik dan 13 orang atau 65,00% tergolong sangat baik. Bila dijumlahkan antara yang berkategori baik dan sangat baik mencapai 19 orang atau 95,00%., pemahaman terhadap strategi pembelajaran dapat ditingkatkan baik dalam teoretis (konseptual) maupun implementasi (kontekstual).
Copyrights © 2023