Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran fikih dan relevansinya dengan keterampilan kepemimpinan guru di MIS Al-Washliyah Bogak Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memiliki tujuan yang sama terhadap lembaga yang dipimpinnya, yakni meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu madrasah. Adapun bentuk keterampilan kepemimpinan yang ditunjukkan oleh kepala madrasah ialah (1) keterampilan manajerial meliputi; melaksanakan program kerja madrasah, meningkatkan kualitas dan kinerja guru dengan mengikutsertakan guru dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) dan workshop, mengelola ruang dan kantor dewan guru; (2) Keterampilan akademik, meliputi: pemberian kesempatan kepada para guru untuk lanjut studi (magister dan doktor), memberikan pedoman umum dan pelayanan kebutuhan guru (administratif dan akademik), dan melaksanakan supervisi akademik, serta (3) keterampilan komunikasi, meliputi: melibatkan guru dalam upaya pengambilan keputusan, mengapresiasi kinerja guru, memberikan motivasi dan nasihat kepada guru secara kolektif setiap bulan, membentuk rasa kekeluargaan di madrasah. Selain itu, kepala madrasah juga berupaya memfungsikan lingkungan madrasah sebagai Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB).
Copyrights © 2023