Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 1 No 1 (2023)

URGENSI DAN IMPLEMENTASI HUMOR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH

Mariam (MIS Lembaga Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Lubuk Cemara)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Kondisi proses pembelajaran yang cenderung monoton dapat berimplikasi kepada timbulnya sikap apatis dalam diri peserta didik karena merasa suasana pembelajaran yang dianggap membosankan. Maka, dibutuhkan sebuah strategi bagi seorang pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya, salah satunya dengan menyisipkan humor dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi dan implementasi humor dalam pembelajaran fikih. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Urgensi humor dalam pembelajaran fikih, yaitu humor membangun hubungan dan meningkatkan komunikasi antara pendidik dan peserta didik, humor sebagai alat pengurang stres, humor membuat pembelajaran menjadi menarik, dan humor memperkuat daya ingat peserta didik; (2) Implementasi humor dalam pembelajaran fikih mempertimbangkan beberapa poin: pertama, menghubungkan humor dengan materi yang diajarkan. Kedua, tersenyum dan pilihlah materi humor dari sumber apa saja. Ketiga, pilihlah humor yang mendidik. Keempat, pilihlah waktu yang tepat dalam menyampaikan humor. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa humor dapat dijadikan salah satu strategi pembelajaran meyenangkan dalam proses pembelajaran fikih.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...