Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran fikih di MIS Modern Gosong Telaga. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai paradigma penelitian, dengan metode studi deskriptif analitis. Sumber data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data penelitian menggunakan konsep SWOT, dengan teknik reduksi data (memilah informasi yang relevan dengan upaya menjawab rumusan masalah penelitian), penyajian data (menyusun paragraf penelitian berbasis data penelitian), dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa MIS Modern Gosong Telaga menerapkan manajemen kelembagaan yang sistematis, visioner, dan sesuai kebutuhan masyarakat melalui upaya melibatkan seluruh komponen penyelenggaraan pendidikan. Hal ini ditinjau dari (1) aspek kekuatan berupa penerapan pendidikan karakter Islami di sekolah, tenaga pendidik berkompeten, lingkungan bersih dan penyediaan swadaya air bersih, jejaring (networking) serta pemberdayaan humas sekolah dalam mempromosikan citra kelembagaan, (2) aspek kelemahan berupa durasi pembelajaran sistem full day, (3) aspek peluang berupa keberadaan MIS Modern Gosong Telaga sebagai satu-satunya lembaga pendidikan Islam terpadu di daerah tersebut dan pertambahan kuantitas masyarakat yang signifikan meningkat di daerah tersebut, dan (4) aspek hambatan berupa tantangan menghadirkan ciri khas MIS Modern Gosong Telaga dibanding sekolah Islam terpadu lainnya dan kecanggihan teknologi yang semakin cepat berinovasi.
Copyrights © 2023