Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 1 No 2 (2023)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PANTANG MENYERAH

Laksa Maibang (UPT.SDN 034781 Batang Beruh kec.Sidikalang, Kab. Dairi)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV UPT.SDN 034781 Batang Beruh dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi pantang menyerah sebelum menggunakan metode Problem Solving ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi pantang menyerah setelah menggunakan metode Problem Solving ? (3) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pantang menyerah setelah menggunakan metode Problem Solving ? Melalui metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 034781 Batang Beruh. Hal tersebut diperoleh melalui persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM pada tes awal sebesar 36%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 21% menjadi 57%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 22% menjadi 79%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...