Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Peran duta baca dalam meningkatkan literasi minat baca pada generasi Z di Jawa Barat

Shalsa Nurfadillah (Universitas Padjadjaran)
Yunus Winoto (Universitas Padjadjaran)
Saleha Rodiah (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran duta baca dalam meningkatkan literasi dan minat baca pada generasi Z di Jawa Barat Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Duta Baca Jawa Barat berperan untuk meningkatkan literasi minat baca pada generasi Z dengan information exchsnge dan modelling. Kredibilitas Duta Baca Jawa Barat untuk dapat menjalankan perannya sebagai komunikator dengan menggunakan teori dari komunikasi pemasaran yaitu keahlian, dapat dipercaya, sosiabilitas, koorientasi, karisma, dinamisme, keamanan, keterbukaan, sungguh-sungguh, dan ketenangan. Sebelum menjalankan kegiatan tersebut, Sosok Duta Baca Jawa Barat ini menjadi contoh teladan bagi masyarakat dalam hal membaca dan menulis karya yang bermanfaat. Duta Baca Jawa Barat ini selalu mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca generasi Z. Seperti pemilihan Duta Baca Jawa Barat setiap tahunnya, mengadakan safari literasi, mengadakan pameran buku, dan mengadakan goes to school. Duta Baca Jawa Barat dalam menjalankan perannya sebagai komunikator tentunya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukungnya antara lain: personal branding dari Duta Baca itu sendiri, dukungan dari berbagai relasi, dan lingkungan yang supportive.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...