Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan

Zulfi Hafizah (Universitas Negeri Medan)
Katrina Samosir (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar 94,17 persen dari ahli media dan 92,36 persen dari ahli materi yang berada pada kriteria sangat valid. Kepraktisan media telah memenuhi kriteria praktis, berdasarkan respon guru diperoleh persentase 90,91 persen, dan respon siswa diperoleh persentase 83,97 persen saat uji coba I dan 85,17 persen saat uji coba II. Media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif, berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88 persen saat uji coba II (saat uji coba I hanya 73 persen) dan pencapaian waktu penelitian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran biasa. Hasil uji Gain terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan, dengan nilai N-Gain saat uji coba I yaitu 0,36 (kategori sedang) meningkat menjadi 0,43 saat uji coba II (kategori sedang). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut menjadi penguatan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva dalam proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...