Judul tesis ini “Prospek Usaha Depot Air Minum di Kelurahan Pasar Taluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis karena ditempat ini banyak terjadi transaksi ekonomi seperti dekat area pasar dan adanya beberapa rumah makan dan warung nasi disekitar area tersebut yang memungkinkan pengusaha warung membutuhkan air minum. Penelitian ini adalah Bagaimana prospek usaha depot air minum, Apa saja faktor pendukung dan penghambat usaha depot air minum, Dan Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap prospek usaha depot air minum di Kelurahan Pasar Taluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah depot air minum, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah prospek depot air minum.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha depot air minum isi ulang yang berjumlah 2 orang. yang meliputi 1 orang pemilik depot Nil Air dan 1 orang pemilik depot Berkah Air. Jumlah sampel yang diambil yaitu keseluruhan dari jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 2 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan, dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif . Metode penulisan yang digunakan adalah metode induktif, deduktif, dan deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Prospek usaha depot air minum di Kelurahan Pasar Taluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi termasuk baik. Faktor pendukung dari usaha depot air minum diantaranya adalah lokasi Kelurahan Pasar Taluk yang strategis terletak di Ibu Kota Teluk Kuantan, serta dekat dengan lokasi pasar yang menyebakan tingginya tingkat kebutuhan masyarakat Kelurahan akan air minum. Sedangkan dari faktor penghambat yang dihadapi pemilik usaha depot air minum di Kelurahan Pasar Taluk diantaranya besarnya modal awal pembuatan depot, persaingan langganan tiap depot.Tinjauan ekonomi Islam terhadap cara pedagang dalam menjual air di depot air minum sebagian belum menerapkan tata cara pedagang dalam islam, sebagian dari mereka berorientasi mencari keuntungan duniawi, mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan mencari ridha Allah atau prinsip ta’aun (tolong-menolong).
Copyrights © 2021