Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol 4 (2023)

Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menguatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Nurma Eka Safitri (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman)
Vivania Esa Putri (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman)
Akhmad Akhmad (Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman)
Siti Rahmah (SDN 008 Samarinda Kota)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi kewarganegaraan peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas peserta didik kelas IV SDN 008 yang berjumlah 28 peserta didik. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam penelitian ini adalah diferensiasi produk. Hasil angket kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan persentase 92,6% dan literasi kewarganegaraan dengan persentase 88,57%. Melalui implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi produk, peserta didik dapat membuat produk pembelajaran dengan baik sesuai dengan minat dan bakatnya. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menguatkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi kewarganegaraan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...