Journal of Automotive Technology Vocational Education
Vol. 4 No. 1 (2023): Juni 2023

KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN BERBASIS METODE TASK ANALYSIS TERHADAP KETERAMPILAN TUNE UP SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMADIYAH BLIGO PEKALONGAN

Budiyanto (Universitas IVET)
Nurul Burhan (Universitas Ivet)
Sena Mahendra (Universitas Ivet)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan pembelajaran berbasis task analysis terhadap keterampilan tune up sepeda motor pada siswa kelas XI di SMK Muhamadiyah Bligo Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian merupakan 26 siswa kelas XI. Data diperoleh dengan menggunakan tes kinerja keterampilan tune up sepeda motor. Analisis data yang digunakan yaitu willcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis task analysis efektif terhadap keterampilan tune up sepeda motor pada siswa kelas XI di SMK Muhamadiyah Bligo Pekalongan. Keefektivan dilihat dari nilai T hitung lebih kecil dari T tabel yaitu 18,5 < 98. Penguasaan keterampilan tune up sepeda motor pada subjek ditunjukkan dengan subjek mampu memeriksa, merawat, memperbaiki, dan menyetel bagian mesin, kelistrikan, serta chasis. Kata kunci: task analysis, keterampilan tune up sepeda motor

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jatve

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering

Description

Teaching and Learning at TVET: studying theory and strategy; curriculum development; development of learning media; teaching methods; character education on TVET; industrial internship; work based learning; e-learning development for TVET; technology-based entrepreneurship based learning; school ...