Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN 13 TANJUNG JABUNG TIMUR

Meri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa dalam pembelajaran PAI guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memaksimalkan penggunaan media, sehingga proses belajar siswa terkadang kurang kondusif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus, data diambil melalui teknik pengumpulan data berupa data hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual serta hasil belajar. Media audio visual merupakan salah satu media belajar yang menggabungkan antara gambar dan suara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dapat meningkat secara bertahap yaitu dari tahap pra siklus 36%, pada Siklus I50 %, dan pada Siklus II 86 %, dan jumlah peningkatan hasil belajar dari Prasiklus, Siklus I, danSiklus II adalah 50 %. Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut dilihat dari hasil tes yang meningkat disetiap siklusnya. Pendidikan yang bermutu dapat tercermin dari penilaian hasil belajarnya, artinya semakin bermutu tingkat layanan pendidikannya semestinya hasil belajarnya juga semakin baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...