Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 1 No. 4 (2023): Oktober

PENGARUH BERMAIN PROJEK DENGAN MEDIA BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR

NURUL AFIFAH (Mahasiswa Universitas Negeri Makassar)
PARWOTO PARWOTO (Dosen Universitas Negeri Makassar)
AKIL AKIL (Dosen Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh bermain projek dengan media balok terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Terdapat masalah yng ditemukan yaitu anak cenderung pasif dalam belajar, kurang berinteraksi dengan temannya, enggan menanyakan hal-hal baru, dan guru belum memfasilitasi keinginan anak bermain sesuai pilihan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis bagi kelompok anak yang mengikuti model bermain projek dan pembelajaran tutorial, untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain projek terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis non parametrik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas A di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun hasil dari yang diperoleh dari penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok memberikan pengaruh yang terdapat pengaruh yang signifikan pada bermain projek dengan media balok terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar, dapat dilihat pada hasil uji statistik yang menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok eksperimen memperoleh nilai asymp Sig (2-tailed) yang diperoleh . Adapun hasil perhitungan kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok kontrol memperoleh nilai asymp Sig (2-tailed)yangdiperoleh

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu keguruan dan ilmu ...