Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 4 (2023): Jurnal Cahaya Mandalika

ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK BUMN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RGEC (RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL)

Nafisah Nurulrahmatiah (STIE Bima)
Aris Munandar (Program Studi Manajemen STIE Bima)
Nurhayati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima)
Aliah Pratiwi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank BUMN tahun 2019-2021 ditinjau dari aspek Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital secara keseluruhan. Metode penelitian ini adalah menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kesehatan bank dengan pendekatan Risiko (Risk-Based Bank Rating) dengan cakupan penilaian meliputi faktor-faktor RGEC. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara keseluruhan tingkat kesehatan bank BUMN selama periode 2019-2021, dari segi Profil Risiko yaitu dengan menganalisis risiko kredit yang diwakili dengan rasio Non Perfoming Loan (NPL) dan dari analisis Risiko Kredit yang diwakili dengan rasio Loan to Deposite Ratio (LDR) dikatakan “Sehat”. Sedangkan dari segi Good Corporate Governance (GCG) tingkat kesehatan bank BUMN dikatagorikan “Baik”. Secara keseluruhan tingkat kesehatan bank dari segi Earnings (Rentabilitas) yaitu dengan menganalisis rasio Return On Asset (ROA) atau perolehan laba berdasarkan aset dan rasio Net Interest Margin (NIM) atau kemampuan manajemen dalam mengendalikan biaya-biaya bank dikatakan “Sangat Sehat” dan dari segi permodalan yang diwakili dengan menghitung rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) bank BUMN dikatakan “Sangat Sehat”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...