Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies
Vol. 1 No. 1 (2023): Terbitan Edisi Juli 2023

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Gaya Magnet Dengan Menggunakan Metode Praktikum

Mira Andriyani (STAI Raudhatul Akmal)
Rizky Rinaldi (Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Pelajaran akan mudah diterima siswa apabila siswa merasa ada rasa ketertarikan pada pelajaran. Salah satu usaha yang dapat menumbuhkan rasa ketertarikan siswa pada pelajaran adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian ini maka penelitian ini memiliki tahap-tahap yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode praktikum mengalami peningkatan yang signifikan, pada awalnya siswa tidak menyukai pelajaran sains dikarenakan sains adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, di tambah lagi dengan kurang tepatnya guru saat menggunakan metode pengajaran. Kesulitan juga ditemui peneliti saat mengajar di kelas adalah mengoorganisir siswa untuk ikut belajar dengan menggunakan metode praktikum karna siswa belum terbiasa belajar dengan penggunaan metode praktikum, namun akhirnya semua permasalahn dapat terselesaikan dengan berjalannya waktu. 2) Berdasarkan pada hasil angket yang diperoleh dari siswa menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasakan adanya peningkatan semangat dan motivasi dalam belajar sains pada pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan Metode Praktikum. 3) Berdasarkan pada hasil angket yang diperoleh dari siswa menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasakan adanya peningkatan semangat dan motivasi dalam belajar sains pada pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan Metode Praktikum. Dari hasil observasi di atas dapat terlihat bahwa semua indikator yang ada telah mengalami peningkatan yang signifikan. Diketahui pada siklus pertama dan kedua peneliti memperoleh skor 53 poin dari 60 poin yang ada atau sekitar 88.3% dengan skor rata-rata 2.3.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOMSS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup Jurnal Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian segala bidang keilmuan dengan menerapkan pendekatan Indonesian Journal of Multidisciplinary ...