Pedagogi Hayati
Vol 6 No 1 (2022): Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Teori Belajar Konstruktivisme dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan

Fitri, Rahmadhani (Unknown)
Jamaris (Unknown)
Solfema (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Interaksi belajar mengajar (pembelajaran) merupakan satu bentuk proses pendidikan. Pola pembelajaran ini bisa dipengaruhi oleh penampilan pendidik dalam mengajar. Pendidik di perguruan tinggi dikenal dengan sebutan dosen. Penampilan dosen dalam memberikan perkuliahan dapat didasari oleh pengetahuannya terhadap teori belajar. Pelaksanaan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran sangatlah terpengaruh oleh teori belajar dan pembelajaran. Teori belajar merupakan cara menerapkan kegiatan belajar dan mengajar antara pendidik dan peserta didik. Pada prinsipnya, ketika seseorang (pendidik) ingin menerapkan teori belajar, terkadang pendidik menggunakan lebih dari satu teori belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menganalisis artikel terkait teori belajar konstruktivisme dan menghubungkannya dengan perkuliahan keanekaragaman tumbuhan. Pembelajaran konstruktivistik lebih menekankan pada proses belajar dan memberikan kebebasan dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkonstruksi pengalamannya sendiri. Proses pembelajaran yang dilakukan diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan imajinatif. Hal ini juga dapat menciptakan kondisi lingkungan belajar yang kondusif. Pembelajaran konstruktivisme ini menekankan dan berpusat pada mahasiswa agar mereka aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pembelajaran yang dilakukan pada perkuliahan keanekaragaman tumbuhan sudah menggunakan teori belajar konstruktivisme. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan dosen menekankan pada mahasiswa untuk melakukan proses penemuan dan konstruksi pengetahuan sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogihayati

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, ...