Attaqwa:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 19 No. 2 (2023): September

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sang Juara Karya Al Kadri Johan dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa

Ismawati Ismawati (Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sang Juara karya Al Kadri Johan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode baca dan catat dan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Juara, meliputi 1) religus, 2) jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semangat kerja keras, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat atau komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, 18) tanggung jawab. Dari hasil analisis 18 nilai pendidikan karakter dalam kutipan novel Sang Juara karya Al Kadri Johan ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI, sesuai KD 3.20 menganalisis pesan dari dua buku fiksi ( novel dan puisi)yang telah dibaca. Setelah mempelajari materi ini, siswa dapat mempelajari nilai pendidikan karakter. Perserta didik juga dapat menemukan nilai pendidikan karakter dalam novel. Berdasarkan temuan itu, novel Sang Juara layak dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah Madrasah Ibtidaiyah karena mengandung banyak nilai pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attaqwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Attaqwa: Journal of Islamic Education (p-ISSN 1693-0649 e-ISSN: 2620-3901) is published by Islamic Religious Education Study Program of Islamic Institute of Daruttaqwa Gresik, East Java, Indonesia. This journal is focused on the development of Islamic education, both locally, nationally and ...