Jurnal Informasi dan Teknologi
2023, Vol. 5, No. 3

Analisa Duolingo Terhadap Prestasi Bahasa Inggris Siswa SMP Batam Dengan Metode TAM

Valenteeno Bong (Universitas Internasional Batam)
Muhamad Dody Firmansyah (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang pembelajaran bahasa telah menjadi sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan aplikasi seperti Duolingo mendominasi pasar. Duolingo adalah sebuah platform pembelajaran bahasa yang inovatif yang memungkinkan pengguna untuk belajar berbagai bahasa dengan mudah dan efektif melalui perangkat seluler mereka. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi Duolingo terhadap peningkatan prestasi bahasa Inggris siswa SMP di Kota Batam. Subjek penelitian adalah siswa SMP di Kota Batam dengan rentang umur 12–15 tahun. Metode penelitian menggunakan kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan dengan menggunakan skala likert dan skala guttman. Data dikumpulkan melalui survei dalam bentuk kuesioner dan wawancara menggunakan penerapan metode Technology Acceptance Model, lalu dilakukan analisa berupa uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis jalur, hipotesis, reprodusibilitas, skalabilitas dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian dari kedua analisis data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa aplikasi Duolingo memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa SMP di Kota Batam. Implikasi dari temuan ini menyoroti perlunya upaya integrasi teknologi pembelajaran, termasuk penggunaan aplikasi edukasi berbasis permainan daring, dalam konteks penerapan sistem informasi dalam pendidikan. Hal ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris para siswa di tingkat SMP. Penelitian ini juga memberikan gambaran yang menarik tentang potensi aplikasi Duolingo dalam memperkuat kompetensi berbahasa Inggris para pelajar di era digital. Temuan-temuan ini dapat menjadi panduan berharga bagi pendidik, lembaga pendidikan, dan pengembang kurikulum dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di jenjang SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jidt

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informasi & Teknologi media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari ...